Obat Luka Bakar Alami Dan Pantangan Mengatasi Luka Bakar

Terkena cipratan minyak saat memasak, terkena setrika, tersudut rok*k, tersenggol knalpot motor, maupun terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat membuat kulit kita terbakar. Anda bisa mengobati kulit yang luka tersebut menggunakan obat luka bakar alami.

obat luka bakar

cara mengobati luka bakar

Luka bakar dapat digolongkan menjadi tiga tingkat, mulai dari yang ringan, sedang, sampai yang parah. Level atau derajat luka bakar akan menentukan jenis pengobatan yang harus dilakukan. Luka bakar dengan tingkat satu serta luas, dan juga luka bakar dengan tingkat dua serta tiga harus segera mendapatkan pertlongan di rumah sakit oleh dokter.

Penanganan Luka Bakar Ringan

Penanganan luka bakar ringan atau luka bakar tingkat pertama dapat diobati dengan obat luka bakar alami. Mengapa demikian? Karena luka bakar ringan hanya menyebabkan kerusakan pada bagian kulit terluar. Obat luka bakar alami untuk luka bakar ringan apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Air dingin
  2. Hal pertama yang wajib untuk anda lakukan saat kulit terbakar yaitu membasahi luka bakar dengan menggunakan air dingin. Air dingin yang digunakan adalah air dengan suhu sejuk, bukan air es. Saat membasahi luka bakar, pastikan dalam keadaan mengalir, lakukan selama 10-20 menit sampai rasa perihnya mereda. Dapat juga dengan menaruh handuk yang telah direndam pada air dingin sekitar 5-15 menit. Wajib untuk diingat dalam melakukan pengobatan ini, yaitu jangan terlalu sering mengompres kulit menggunakan air dingin. Mengapa demikian? Karena dapat memperparah iritasi.

  3. Lidah buaya
  4. Lidah buaya adalah tanaman yang mempunyai karakter antiperadangan, melembapkan kulit, bisa merangsang penyembuhan luka, serta mampu untuk mencegah perkembangan bakteri. Pada beberapa penelitian menunjukan bahwa jika gel lidah buaya sangat ampuh untuk mengobati luka bakar. Oleh karena itu, tidak salah apabila anda menggunakan lidah buaya sebagai obat luka bakar alami. Jika anda menggunakan produk lidah buaya buatan, maka pilih produk dengan kandungan lidah buaya yang tinggi. Selain itu, anda wajib untuk menghindari produk yang mengandung banyak bahan aditif, seperti pewarna serta parfum.

  5. Madu
  6. Madu dengan kandungan antibakteri, antiradang, serta antijamur yang terdapat di dalamnya, maka madu dapat menjadi obat luka bakar alami. Pada beberapa studi yang menunjukkan bahwa madu bermanfaat untuk mengobati luka bakar ringan, serta membantu dalam pemulihan luka bakar yang lebih cepat. Tetapi hal tersebut masih memerlukan bukti serta penelitian lebih lanjut.

Selain menggunakan obat luka bakar alami di atas, Anda juga dapat menggunakan obat medis untuk mengobati luka bakar seperti salep antibiotik serta obat pereda rasa sakit. Krim serta salep antibotik dapat membantu untuk mengurangi infeksi. Bagaimana caranya? Cukup mudah saja, tinggal oleskan saja salep tersebut pada kulit yang terbakar serta tutup menggunakan kasa steril, dan juga ikuti arahan dokter.

Hal yang Perlu Dihindari Dalam Mengobati Luka Bakar

Beberapa hal yang harus dihindari oleh mereka yang menderita luka bakar adalah sebagai berikut.

  • Jangan pernah mencoba sekali kali mengoleskan pasta gigi pada luka bakar, karena dapat membuat kulit menjadi iritasi serta meningkatkan infeksi.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali mengoleskan minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, serta minyak goreng. Minyak bisa menahan panas serta membuat kulit akan tersara terbakar.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali mengoleskan putih telur karena dapat menyebabkan infeksi bakteri serta reaksi alergi.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali memecahkan kulit yang melepuh serta menggelembung karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali mengoleskan mentega maupun margarin pada luka bakar karena bisa menyebabkan infeksi.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali melepaskan pakaian yang lengket. Apabila pakaian menempel pada kulit yang terbakar, maka jangan coba-coba melepaskannya. Anda perlu untuk mencari pertolongan medis segera mungkin.
  • Jangan pernah mencoba sekali kali meletakkan es langsung pada luka bakar. Hal tersebut akan dapat memperparah kulit yang luka.
  • Jauhi paparan sinar matahari secara langsung. Kulit yang terbakar akan mudah peka dengan sinar matahari.
  • Pada dasarnya luka bakar ringan dapat dirawat di rumah menggunakan obat luka bakar alami. Tetatapi, segera hubungi dokter apabila luka bakar tidak juga kunjung pulih dalam beberapa minggu, ada cairan yang keluar dari luka, muncul lepuhan besar pada kulit, maupun mengalami tanda-tanda infeksi seperti luka bernanah, demam, serta tercium bau yang tidak sedap pada luka. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Author - November 22, 2017

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *