5 Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C sudah lama dikenal mempunya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk diantaranya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan kulit. Vitamin C aman untuk dikonsumsi serta mudah untuk diperoleh. Baik dari asupan makanan serta juga berasal dari suplemen, sebagai bagian dari asupan nutrisi pelengkap yang sangat bermanfaat.

manfaat vitamin c

vitamin c

Vitamin C atau yang diknela dengan asam askorbat adalah jenis nutrisi yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Sumber vitamin C bisa Anda peroleh pada buah-buahan serta sayuran segar, atau apabila diperlukan bisa berasal dari suplemen vitamin C. Vitamin C dibuthkan untuk perkembangan dan juga untuk menjaga fungsi dari kerja organ tubuh. Vitamin C juga meiliki peranan yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh.

Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit, antara lain:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses pemulihan. Stamina yang turun karena kesehatan yang terganggu seperti batuk serta pilek ternyata bisa dicegah dengan memenuhi keperluan vitamin C pada tubuh, terutama ketika anda kelelahan maupun saat akan melakukan aktivitas berat.
  • Berperan sebagai antioksidan yang membantu dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Oleh karenanya, vitamin C bisa membantu menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, serta penyakit jantung.
  • Vitamin C juga membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, yaitu suatu protein yang diperlukan untuk membantu proses pemulihan luka, memperlambat proses penuaan, mencegah jerawat, dan juga mampu menjaga keremajaan serta mencerahkan kulit.
  • Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada makanan serta membantu sistem kekebalan tubuh supaya bisa bekerja dengan baik dalam melindungi tubuh dari penyakit.
  • Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa vitamin C bisa membantu merawat kesehatan tulang, tulang rawan, serta gigi. Selain itu juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, sehingga dapat mencegah serangan jantung serta stroke. Vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak serta penyakit empedu.
  • Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat

    Vitamin C dapat anda peroleh dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah serta sayur. Sumber vitamin C alami bisa anda temukan selain pada jeruk juga ada di buah kiwi, pepaya, nanas, mangga, dan juga sayuran seperti paprika, brokoli, serta tomat. Untuk melengkapinya, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, dengan dosis yang sesuai rekomendasi dokter maupun sesuai denan aturan pakai yang ada pada kemasan produk. Dosis suplemen vitamin C yang disarankan sebesar 75 sampai 90 mg. Ketika mengalami infeksi atau pasca pembedahan, maka kebutuhan vitamin C dapat meningkat, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C sehingga membantu dalam proses penyembuhannya. Dengan mengonsumsi vitamin C dosis sebesa 500 mg per hari sudah cukup aman, serta bisa membantu dalam memenuhi dan menjaga kesehatan anda.

    Selalu untuk tetap mengkonsultasikan pemanfaatan vitamin C ini dengan dokter supaya mendapatkan rekomendasi pengkonsumsian vitamin C yang aman serta sesuai dengan kondisi Anda, terutama jika Anda mempiunyai riwayat penyakit, maupun anda sedang hamil serta menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Author - November 24, 2017

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *