Cara Efektif Mengeringkan Luka Lecet

Luka lecet merupakan kondisi kulit yang umum terjadi. Biasanya luka lecet ini merupakan hasil dari gesekan yang muncul ketika kulit bergesekan satu sama lainnya maupun bergesekan dengan pakaian. Keparahan lecet dapat bergantung dari tebal atau tipis kulit anda. Walaupun lecet dapat terjadi di mana saja, area yang paling banyak menderita yaitu paha, selangkangan, ketiak, serta puting susu.

cara mengeringkan luka lecet

cara mengeringkan luka lecet

Penyebab luka lecet

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan luka lecet, contohnya seperti memakai pakaian yang terlalu ketat maupun longgar, menggunakan kain yang tidak dapat menyingkirkan kelembapan, memakai sepatu yang berhak yang ketat, maupun cuaca panas.

Bagaimana cara mencegah luka lecet?

Menjaga kulit tetap kering merupakan salah satu hal penting yang dilakukan untuk mencegah luka lecet. Kulit yang basah dapat membuat lecet tidak bisa dihindari, jadi hindari penggunaan katun bagaimanapun caranya karena kain kapas ini bisa menyerap keringat sehingga menyebabkan tetap basah. Anda bisa memilih pakaian yang terbuat dari serat sintetis serta ingatlah untuk tidak memakai pakaian lembap dengan jangka waktu yang lama dan anda bisa mengganti pakaian sesegera mungkin. Oleskan bedak talc serta tawas ke bagian yang biasanya berkeringat. Bedak bisa membantu menyingkirkan kelembapan dari kulit anda.

Anda harus mengenakan pakaian yang pas serta tidak terlalu ketat. Sport bra yang terlalu ketat bisa menggesek kulit ketika Anda berolahraga. Ingatlah bahwa mengenakan pakaian yang ringan jauh lebih baik untuk olahraga. Anda bisa memilih pakaian olahraga serta bra yang sesuai dengan ukurannya untuk menghindari gesekan.
Anad bisa mengoleskan pelumas seperti petroleum jelly supaya mengurangi gesekan pada kulit. Penggunaan petroleum jelly, koyo, maupun selotip khusus pada puting susu bisa mengurangi gesekan serta menghindari lecet pada puting. Sesudah berolah raga, anda bisa menggunakan sabun antibakteri ketika mandi supaya terhindar dari infeksi bakteri.

Cara mengobati luka lecet

Keberadaan luka lecet dapat memburuk serta mengganggu apabila tidak diobati, maka jangan mengabaikan luka lecet. Bersihkan bagian yang lecet dengan lembut menggunaka air serta keringkan secara menyeluruh. Sesudah area tersebut dibersihkan, maka oleskan zat semacam petroleum jelly, yang harganya murah serta banyak tersedia.

Apabila area yang lecet sakit, berkerak, bengkak, maupun berdarah, maka mintalah dokter untuk menganjurkan obat salep. Anda bisa mencegah kulit untuk tidak tersentuh serta berikan waktu untuk kulit sembuh sebelum aktif kembali.
Apabila luka lecet tidak membaik sesudah diobati sendiri, maka anda bisa menemui dokter. Salep antibiotik dibutuhkan ketika area lecet menjadi terinfeksi. Selain itu, jika sudah terjadi infeksi, maka anda bisa mengobatinya dengan obat luka bernanah. Temukan obat luka bernanah hanya di almiira.com. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Author - November 3, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *